Guru Abad 21
Nama : Sundani
Perguruan : STAI Kharisma Cicurug Sukabumi
Dalam artikel ini saya akan menjelaskan pendapat saya terhadap Persiapan Seorang guru dalam menghadapi pembelajaran di abad 21, tapi sebelum mulai dengan pembahasan sebaiknya kita mengetahui dulu makna dari setiap kata yang akan kita bahas dalam artikel ini.
GURU DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN ABAD 21 ( Information and Communication Technology ‘ICT’ )
GURU secara harfiyah diartikan sebagai “ berat” menurut istilah guru adalah seorang pendidik profesional dengat tugas utama mendidik , mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi.
PEMBELAJARAN adalah proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Dalam dunia pendidikan pembelajaran adalah proses intreraksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam suatu lingkungan pembelajaran.
ABAD 21 adalah abad yang berlangsung sejak 2001 M hingga 2100 M.
ICT / teknologi informasi dan komunikasi adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh perlatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.
TEKNOLOGI adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia .
Seperti itulah gambaran awal tentang artikel yang akan saya bahas, dan diantara yang akan saya perhatikan dalam persiapan guru Abad 21 yaitu:
1. Guru Harus Menguasa Tik
Di zaman teknologi seperti sekarang Guru yaitu seorang pengajar harus dapat menguasai teknologi informatika, karena dengan menguasai teknologi tersebut seorang guru akan membawa pembelajaran pada peserta didik sesuai dengan zamannya. Dimana pembelajaran abad 21 ini akan menjadi loncatan tinggi bagi perkembangan pendidikan di Indonesia.
Sedangkan kalau guru tetap monoton dalam teknologi, pembelajaran di sekolah akan mengalami kemunduran yang signipikan, karena peserta didik yang terbawa arus, sedangankan guru tidak bisa mengarahkannya maka teknologi akan menjadi perusak terbesar bagi kemajuan pendidikan.
Bagi saya teknologi Informatia adalah alat yang akan membawa sumber daya manusia mengalami kemajuan lebih pesat karena IT merupakan sarana yang paling mudah untuk didapat oleh siapapun, dengan IT data – data mudah untuk diakses walau dari pelosok bumi sekalipun. Kendati demikian seorang guru harus bener-bener bisa memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran supaya dapat memberikan informasi pada peserta didik lebih cepat dan aktual.
Tantangan guru di abad 21 ini menurut saya yang paling besar adalah Teknologi, seandainya guru tersebut dapat mengendalikan teknologi dan bisa mengarahkan pada peserta didik mengenai fungsi teknologi, maka teknologi tersebut akan menjadi asisten terbaik untuk guru.
2. Menguasi Kurikulum
Kita sadari bersama kurikulum adalah jantungnya pendidikan, maka seorang pendidik harus mengerti terhadap cara kerja kurikulum, apalagi di pembelajaran abad 21 ini kurikulum harus sangat dipahami, ditranpormasi menjadi pembelajaran yang menarik bagi setiap peserta didik.
3. Memaha Karakteristik Peserta Didik Di Era Milineal
Generasi milineal adalah generasi yang susah ditebak, susah diatur, memiliki pandangan yang luas karena generasi ini dapat melihat plosok dunia, budaya semua daerah, pergaulan global, dengan sangat mudah. Jadi generasi ini adalah generasi transpormasi budaya, cara pandang, pemikiran dengan dunia luar .
Maka seorang guru harus dapat memahami karakter tersebut, guru harus banyak pengertian dengan ponemana yang dialami generasi milineal.
Penulis Sundani
Perguruan : STAI Kharisma Cicurug Sukabumi
Dalam artikel ini saya akan menjelaskan pendapat saya terhadap Persiapan Seorang guru dalam menghadapi pembelajaran di abad 21, tapi sebelum mulai dengan pembahasan sebaiknya kita mengetahui dulu makna dari setiap kata yang akan kita bahas dalam artikel ini.
GURU DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN ABAD 21 ( Information and Communication Technology ‘ICT’ )
GURU secara harfiyah diartikan sebagai “ berat” menurut istilah guru adalah seorang pendidik profesional dengat tugas utama mendidik , mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi.
PEMBELAJARAN adalah proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Dalam dunia pendidikan pembelajaran adalah proses intreraksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam suatu lingkungan pembelajaran.
ABAD 21 adalah abad yang berlangsung sejak 2001 M hingga 2100 M.
ICT / teknologi informasi dan komunikasi adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh perlatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.
TEKNOLOGI adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia .
Seperti itulah gambaran awal tentang artikel yang akan saya bahas, dan diantara yang akan saya perhatikan dalam persiapan guru Abad 21 yaitu:
1. Guru Harus Menguasa Tik
Di zaman teknologi seperti sekarang Guru yaitu seorang pengajar harus dapat menguasai teknologi informatika, karena dengan menguasai teknologi tersebut seorang guru akan membawa pembelajaran pada peserta didik sesuai dengan zamannya. Dimana pembelajaran abad 21 ini akan menjadi loncatan tinggi bagi perkembangan pendidikan di Indonesia.
Sedangkan kalau guru tetap monoton dalam teknologi, pembelajaran di sekolah akan mengalami kemunduran yang signipikan, karena peserta didik yang terbawa arus, sedangankan guru tidak bisa mengarahkannya maka teknologi akan menjadi perusak terbesar bagi kemajuan pendidikan.
Bagi saya teknologi Informatia adalah alat yang akan membawa sumber daya manusia mengalami kemajuan lebih pesat karena IT merupakan sarana yang paling mudah untuk didapat oleh siapapun, dengan IT data – data mudah untuk diakses walau dari pelosok bumi sekalipun. Kendati demikian seorang guru harus bener-bener bisa memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran supaya dapat memberikan informasi pada peserta didik lebih cepat dan aktual.
Tantangan guru di abad 21 ini menurut saya yang paling besar adalah Teknologi, seandainya guru tersebut dapat mengendalikan teknologi dan bisa mengarahkan pada peserta didik mengenai fungsi teknologi, maka teknologi tersebut akan menjadi asisten terbaik untuk guru.
2. Menguasi Kurikulum
Kita sadari bersama kurikulum adalah jantungnya pendidikan, maka seorang pendidik harus mengerti terhadap cara kerja kurikulum, apalagi di pembelajaran abad 21 ini kurikulum harus sangat dipahami, ditranpormasi menjadi pembelajaran yang menarik bagi setiap peserta didik.
3. Memaha Karakteristik Peserta Didik Di Era Milineal
Generasi milineal adalah generasi yang susah ditebak, susah diatur, memiliki pandangan yang luas karena generasi ini dapat melihat plosok dunia, budaya semua daerah, pergaulan global, dengan sangat mudah. Jadi generasi ini adalah generasi transpormasi budaya, cara pandang, pemikiran dengan dunia luar .
Maka seorang guru harus dapat memahami karakter tersebut, guru harus banyak pengertian dengan ponemana yang dialami generasi milineal.
Penulis Sundani
Komentar
Posting Komentar